Informasi terbaru mengenai pendidikan Indonesia, Beasiswa S1,S2 dan S3.

Kamis, 22 September 2016

Mana yang Lebih Bagus? Pilih Sekolah Nasional, Bilingual, atau Internasional?

Mana yang Lebih Bagus?  Pilih Sekolah Nasional, Bilingual, atau Internasional?

sekolah nasional, sekolah bilingual, sekolah international, siswa sekolah

siswa-sekolah-international


Tumbuh kembang buah hati anda juga dipengaruhi oleh faktor pendidikan, sehingga memilih sekolah pun juga merupakan PR yang penting bagi orang tua. Tumbuh kembang anak membutuhkan dukungan dari pendidikan yang berkualitas. Pasti anda sebagai orang tua akan mempunyai pertanyaan paling umum, yaitu “Sekolah mana yang lebih bagus?”
Diantara berbagai pilihan sekolah untuk buah hati anda tercinta, pilih sekolah nasional, bilingual, atau  internasional? Mana yang paling unggul? Mana yang lebih bagus? Mana yang bisa menjanjikan masa depan cerah untuk anak anda? Untuk membantu anda, mari anda lebih mengenal ketiga jenis sekolah itu lebih lanjut.
Sekolah Nasional
Sekolah nasional merupakan sekolah baik negeri maupun swasta yang memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP). SNP adalah syarat sistem pendidikan di seluruh wilayah Indonesia. SNP meliputi standar isi, proses, sarana dan prasarana, kompetensi lulusan, pengajar, pengelolaan, pembiayaa, dan masih banyak lagi.
Harus diadakan evaluasi untuk mengendalikan dan meningkatkan mutu pendidikan yang sesuai dengan SNP. Semakin baiknya akreditasi suatu sekolah, maka biaya, kurikukulum, sarana dan prasarana pun semakin tinggi. Dan biasanya murid yang bersekolah di sekolah nasional yang mempunyai akreditasi yang baik pun akan memiliki prestasi yang baik pula.
Sekolah Bilingual
Sekolah bilingual adalah sekolah yang melibatkan pengajaran pada semua subjek dalam dua bahasa yang berbeda (contoh: Indonesia dan Inggris atau Indonesia dan Mandarin). Pengajar untuk sekolah bilingual harus mempunyai sertifikat dan kemampuan yang cakap dalam bahasa asing yang akan dia ajarkan kepada muridnya.
Sebenarnya kurikulum dan standar pendidikannya hampir sama seperti sekolah nasional, hanya saja karena ini mempelajari semua mata pelajaran dalam 2 bahasa maka biasanya akan ada ujian kemampuan bahasa asing seperti misalnya TOEFL atau TOEIC. Sekolah bilingual tentu akan lebih mahal dibandingkan dengan sekolah nasional, karena kurikulum yang diajarkan lebih berat dibanding sekolah nasional, dikarenakan selain mengajarkan murid akan mata pelajaran yang sesuai SNP, murid akan diajarkan bahasa asing dari segi ucapan, lisan, membaca, dan juga tulisan.
Tentunya nilai plus dari sekolah bilingual adalah akan membuat anak anda terampil berbahasa asing. Selain itu, karena juga mempelajari budaya dari bahasa asing, maka anak anda akan tumbuh berkembang dengan pola pikir yang lebih terbuka terhadap pemahaman lintas budaya, bakat intersosial, dan self-concept yang sehat.
Sekolah internasional
Perbedaan paling menonjol antara sekolah nasional, sekolah bilingual dan sekolah internasional adaah terletak pada kurikulumnya. Sekolah nasional menggunakan SNP, sekolah bilingual juga menggunakan SNP namun bahasa yang diajarkan saat proses belajar mengajar adalah 2 bahasa, sedangkan sekolah internasional menggunakan kurikulum yang berbeda seperti International Baccalaureate atau Cambridge.
Bahasa pengantarnya pun menggunakan bahas Inggris. Namun ada juga yang menggunakan bahasa Jerman atau Mandarin. Biasanya sekolah ini dipilih oleh orang tua yang menginginkan anaknya bisa lancar berbahasa asing atau ingin menyekolahkan ke perguruan tinggi di luar negeri. Karena kurikulumnya memakai kurikulum luar negeri, tentu biaya pendidikan di sekolah internasional adalah yang paling mahal diantara semua jenis sekolah.
Bagaimana? Pilih sekolah nasional, bilingual, atau, internasional? Tentunya yang sesuai dengan dana pendidikan dan kesiapan anak anda. Selain belajar di ketiga jenis sekolah tersebut, anda juga bisa mendaftarkan anak anda di lembaga Best Private. Dengan tutor yang berpengalaman dengan lulusan dari PTN terbaik di Indonesia, lembaga ini menawarkan jadwal yang fleksibel dan dapat disesuaikan dengan keinginan siswa, selain itu biayanya juga terjangkau sehingga tumbuh kembang anak anda akan menjadi lebih baik dan lebih pintar di lembaga Best Private.







0 komentar:

Posting Komentar