Informasi terbaru mengenai pendidikan Indonesia, Beasiswa S1,S2 dan S3.

Kamis, 18 Agustus 2016

Tips Memilih TK Yang Baik dan Tepat untuk Anak Anda

 Tips Memilih TK Yang Baik dan Tepat untuk Anak Anda

tk, taman kanak kanak, pendidikan tk, tips memilih tk, tk yang baik


tips-memilih-tk-yang-baik



TK atau Taman Kanak-kanak menjadi jenjang pendidikan pertama bagi seorang anak sebelum ia melanjutkan menuju Sekolah Dasar atau SD. Tentunya terdapat pertimbangan tersendiri bagi para orangtua dalam memilih TK yang dirasa paling sesuai untuk buah hati mereka. Memilih sekolah yang sesuai akan menjamin sang anak mendapat pendidikan terbaik dan mempersiapkan mereka untuk masa depan yang lebih cerah nantinya. Terdapat sedikitnya tujuh tips memilih TK yang baik serta tepat untuk anak-anak agar tercapai pendidikan berkualitas serta berhasil guna. Orangtua dapat mempertimbangkan beberapa tips memilih Taman Kanak-kanak di bawah ini sebelum memilih TK tertentu untuk pendidikan pertama buah hatinya.


Tips memilih TK yang baik pertama adalah perhatikan bagaimana kualitas guru atau tenaga pengajar yang ada di Taman Kanak-kanak tersebut. Guru yang berkualitas tak sekedar menyandang gelar sarjana namun juga mampu memancing anak agar makin kreatif serta aktif di dalam kelas. Guru juga harus sabar karena umumnya anak usia TK terutama yang baru masuk sekolah belum terbiasa dengan lingkungan sekolah serta butuh waktu untuk beradaptasi. Jumlah guru di TK juga sebaiknya sesuai dengan jumlah murid. Dalam satu kelas sebaiknya terdapat dua orang guru yang siap membantu anak di dalam kegiatan belajar mengajar.

Selain guru, sarana prasarana yang ada juga menjadi tips memilih TK yang baik selanjutnya. Pilihlah TK yang memiliki sarana dan juga fasilitas lengkap. Sesuaikan semua sarana yanga da dengan kebutuhan anak, termasuk di antaranya adalah kebutuhan akan sistem motorik, sosial, kognitif hingga emosi anak. Bangunan yang mewah tidaklah menjadi patokan dalam memilih TK. Sebaliknya, kebersihan, manfaat serta keamanan yang ditawarkan lah yang patut dijadikan bahan pertimbangan. Tips ketiga, pertimbangkan pula lokasi dan tatanan sekolah. Pilih sekolah dengan jarak tempuh kira-kira lima belas menit agar anak tidak terlalu merasa capek ketika ia sampai di sekolah ataupun ketika sudah pulang ke rumah. Hindari sekolah yang terlalu jauh apalagi sampai harus berganti-ganti kendaraan umum untuk mencapainya.

 Tips memilih TK yang baik berikutnya adalah dengan memperhatikan beberapa persyaratan yang ada di sekolah tersebut, termasuk di antaranya adalah kebijakan hingga aturan yang ditetapkan di sana. Pilih TK yang syarat penerimaannya terutama uang masuk masih masuk akal. Tanyakan pula selengkap-lengkapnya mengenai bagaimana program di sekolah tersebut dan semua fasilitas yang ada.
Berikutnya, pilih juga TK yang lebih menekankan prinsip bawha belajar sangat menyenangkan serta menanamkan pada anak bahwa belajar merupakan proses, sehingga tujuannya tidak sekedar nilai ataupun hasil akhir melainkan bagaimana prosesnya supaya dapat memperole hasil tersebut.

Orangtua juga harus bisa membuat anaknya tidak mudah merasa bosan. Selain itu, ada baiknya untuk langsung memilih beberapa sekolah sebelum melakukan survei. Pertimbangan dalam memilih TK dapat juga berdasarkan rekomendasi dari orang lain yang telah terlebih dahulu menyekolahkan anak-anaknya di sana.

Apabila hasil pembelajaran di sekolah masih dirasa kurang memuaskan, orangtua dapat memberikan pelajaran tambahan kepada anak-anaknya melalui lembaga bimbingan belajar. Salah satunya adalah lembaga Best Privat. Lembaga ini layak untuk dipilih karena menerapkan sistem guru mendatangi murid, sehingga pastinya akan lebih meringankan beban orangtua maupun siswa. Dengan tenaga pengajar yang berpengalaman, Best Privat dapat menjadi lembaga bimbingan belajar pilihan para orangtua. Demikian adalah beberapa tips memilih TK yang baik dan tepat.

0 komentar:

Posting Komentar